I.
Latar Belakang
Blender
dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat
lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk
berbagai sistem operasi, seperti:
Perangkat
lunak ini berlisensi GPL dan
kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Di Blender
juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.
Serta dalam
aplikasi ini terdapat plug-in bantuan yang bernama archimesh. Sehingga dalam
membuat suatu bangunan dapat dengan mudah.
II.
Rumusan Masalah
1. Apa saja fitur-fitur yang terdapat pada blender?
2. Apa yang dimaksud dengan Archimesh?
3. Bagaimana membuat bangunan dengan menggunakan plug-in bantuan Archimesh?
III.
Pembahasan
A.
Fitur-fitur pada Blender
·
Model: Obyek 3D
tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline;
multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
·
Rigging: Skeleton
kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
·
Animasi: animasi
editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter
berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
·
Rendering: raytracer
inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square
pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk
halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus;
Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
·
UV unwrapping: Laurent
dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan;
falloff proporsional mengedit peta UV
·
Shading: membaur
dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta
Refleksi
·
Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver
Realtime tubuh lembut
·
Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit,
konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime
dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
·
Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan
Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder,
kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan;
tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus
pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
·
Lintas
Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan
untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN
dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
·
Kualitas
tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
·
Lebih dari
200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
·
Diekseskusi
berukuran kecil, dan distribusi rendah
B. Pengertian Archimesh
Archimesh merupakan arsitektur
bantuan pada aplikasi blender. Dalam archimesh kita dapat dengan mudah membuat
suatu ruangan, karena telah disediakan fitur bagian dari ruangan. Seperti
tembok, pintu, anak tangga hingga lampu ruangan.
Namun dengan adanya plug-in bantuan
seperti ini tidak serta merta sangat mudah dalam membuat suatu ruangan, karena
dibutuhkan kejelian dan ketepatan letak dalam meletakkan bagian-bagiannya.
C.
Cara Membuat Ruangan dengan
Menggunakan Blender
Gambar
1 merupakan tampilan dari fitur-fitur yang terdapat pada archimesh, yang
mana sebelumnya telah dijelaskan. Disana terdapat beberapa fitur seperti:
1.
Room
atau Tembok
2.
Column
atau Tiang Penyangga
3.
Door
atau Pintu
4.
Window
atau Jendela
5.
Cabin
atau Lemari Kecil
6.
Shelves
atau Rak
7.
Stairs
atau Anak Tangga
8.
Roof
atau Genteng
9.
Auto
atau Pembolongan Tembok Otomatis
Gambar 1
Gambar 1
Gambar 2
Gambar
diatas merupakan Room Generator atau
window untuk mengatur tembok dalam pembuatan ruangan. Disana kita bisa mengatur
tinggi, tebal serta panjang dari temboknya.
Gambar 3
Tampilan
diatas merupakan hasil dari pembuatan bagian tembok suatu ruangan, dimana dapat
dilihat terdapat 2 ruangan yang berukuran berbeda. Dalam membuat ruangan kecil
tambahan seperti diatas sangat diperlukan ketepatan, dengan cara:
1.
Ubah
blender ke Edit Mode dengan menekan tombol Tab pada keyboard
2.
Lalu
pilih vertex select pada menu bar bagian bawah, tandai dimana kita akan
menambahkan tembok, lalu tekan Shift+S dan pilih Cursor to Selected
3.
Selanjutnya
kita tinggal mengklik fitur Room pada tool Archimesh
Gambar 4
Window
diatas digunakan untuk mengatur mulai dari tebal, panjang, lebar hingga tinggi
dari pintu yang kita buat. Disana terdapat juga posisi terbuka, model pintu dan
jenis pegangan pintu, sehingga kita bisa membuat pintu sesuai dengan keinginan
kita.
Gambar 5
Tampilan
diatas merupakan hasil jadi dari pembuatan pintu, dan untuk membukanya cukup
dengan cara menandai daun pintunya, lalu tekan R pada keybord lalu gerakkan
kursor. Disini menggunakan posisi terbuka ke kanan. Untuk membuat tembok bolong
secara otomatis gunakan Objek Mode lalu tandai bagian tembok yang akan dibuat
bolong, lalu klik fitur Auto pada Tool Archimesh.
Gambar 6
Tampilan
diatas merupakan hasil jadi dari ruangannya, dimana terdapat pintu, jendela,
hingga genteng yang menutupi ruangan kecil tambahan disamping.
Gambar
7
Window
diatas merupakan window yang digunakan untuk memodifikasi objek yang telah kita
buat, seperti halnya warna, bagian yang bergaris kuning merupakan node yang
digunakan untuk membuat warna pada objek yang kita tandai sebelumnya.
Gambar 8
Ini
merupakan hasil jadi dari rungan yang saya buat. Hasilnya ini menggunakan
Render Result supaya warna yang sebelumnya kita tambahkan pada objek akan
terlihat.
IV.
Kesimpulan
dan Saran
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas maka saya dapat
menyimpulkan:
1. Blender merupakan perangkat lunak untuk
membuat objek 3D yang sangat lengkap fitur-fiturnya daripada perangkat lunak
lainnya. Sehingga dalam membuat suatu ruangan kita tidak perlu bersusah payah
dalam membuatnya.
2.
Archimesh
merupakan tool bantuan dalam membuat ruangan pada blender, karena didalamnya
sudah terdapat fitur bagian dari suatu bangunan.
3.
Dengan
menggunakan blender sangat mudah jika ingin membuat objek 3D.
B.
Saran
Saran saya kepada siapapun yang akan
membuat objek menggunakan blender sangatlah penting jika sebelum membuat objek
itu sendiri, perlu adanya pemahaman tersendiri mengenai blender itu sendiri,
seperti keunggulan, kekurangan hingga fitur-fitur didalamnya. Sehingga nantinya
tidak berhenti ditengah jalan saat membuat objek yang diinginkan, dikarenakan
apa yang dibutuhkan tidak tersedia.
Daftar
Pustaka
berkunjung yuk ke blog saya
BalasHapusLEGENDA RASI BINTANG LAYANG LAYANG
thankss
berkunjung yuk ke blog saya
BalasHapusLEGENDA RASI BINTANG LAYANG LAYANG
thankss
berkunjung yuk ke blog saya
BalasHapusseni adalah sesuatu yang dapat dituliskan,dapat di dengar dan dapat dibaca... sepertiitulah seni di mataku...
bukti bahwa seni adalah sesuatu yang dapat dibaca ada di blog ini.... ayo baca...
LEGENDA RASI BINTANG LAYANG LAYANG
thankss