Pages

Selasa, 03 Maret 2015

Membuat Objek Rumah Menggunakan Blender


      I.        Latar Belakang
Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.
Serta dalam aplikasi ini terdapat plug-in bantuan yang bernama archimesh. Sehingga dalam membuat suatu bangunan dapat dengan mudah.

    II.        Rumusan Masalah

1.    Apa saja fitur-fitur yang terdapat pada blender?
2.    Apa yang dimaksud dengan  Archimesh?
3.    Bagaimana membuat bangunan dengan menggunakan plug-in bantuan Archimesh?
  
   III.        Pembahasan

A.            Fitur-fitur pada Blender
·           Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
·           Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
·           Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
·           Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
·           UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
·           Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
·           Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
·           Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
·           Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
·           Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
·           Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
·           Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
·           Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah


B.    Pengertian Archimesh

Archimesh merupakan arsitektur bantuan pada aplikasi blender. Dalam archimesh kita dapat dengan mudah membuat suatu ruangan, karena telah disediakan fitur bagian dari ruangan. Seperti tembok, pintu, anak tangga hingga lampu ruangan.
Namun dengan adanya plug-in bantuan seperti ini tidak serta merta sangat mudah dalam membuat suatu ruangan, karena dibutuhkan kejelian dan ketepatan letak dalam meletakkan bagian-bagiannya.


C.    Cara Membuat Ruangan dengan Menggunakan Blender

Gambar  1 merupakan tampilan dari fitur-fitur yang terdapat pada archimesh, yang mana sebelumnya telah dijelaskan. Disana terdapat beberapa fitur seperti:
1.    Room atau Tembok
2.    Column atau Tiang Penyangga
3.    Door atau Pintu
4.    Window atau Jendela
5.    Cabin atau Lemari Kecil
6.    Shelves atau Rak
7.    Stairs atau Anak Tangga
8.    Roof atau Genteng
9.    Auto atau Pembolongan Tembok Otomatis
  Gambar 1  





 
           Gambar 2
Gambar diatas  merupakan Room Generator atau window untuk mengatur tembok dalam pembuatan ruangan. Disana kita bisa mengatur tinggi, tebal serta panjang dari temboknya.
       
                        Gambar 3
Tampilan diatas merupakan hasil dari pembuatan bagian tembok suatu ruangan, dimana dapat dilihat terdapat 2 ruangan yang berukuran berbeda. Dalam membuat ruangan kecil tambahan seperti diatas sangat diperlukan ketepatan, dengan cara:
1.   Ubah blender ke Edit Mode dengan menekan tombol Tab pada keyboard
2.   Lalu pilih vertex select pada menu bar bagian bawah, tandai dimana kita akan menambahkan tembok, lalu tekan Shift+S dan pilih Cursor to Selected
3.   Selanjutnya kita tinggal mengklik fitur Room pada tool Archimesh
         Gambar 4
Window diatas digunakan untuk mengatur mulai dari tebal, panjang, lebar hingga tinggi dari pintu yang kita buat. Disana terdapat juga posisi terbuka, model pintu dan jenis pegangan pintu, sehingga kita bisa membuat pintu sesuai dengan keinginan kita.
              Gambar 5
Tampilan diatas merupakan hasil jadi dari pembuatan pintu, dan untuk membukanya cukup dengan cara menandai daun pintunya, lalu tekan R pada keybord lalu gerakkan kursor. Disini menggunakan posisi terbuka ke kanan. Untuk membuat tembok bolong secara otomatis gunakan Objek Mode lalu tandai bagian tembok yang akan dibuat bolong, lalu klik fitur Auto pada Tool Archimesh.
                                     Gambar 6
Tampilan diatas merupakan hasil jadi dari ruangannya, dimana terdapat pintu, jendela, hingga genteng yang menutupi ruangan kecil tambahan disamping.
                                                          Gambar 7
Window diatas merupakan window yang digunakan untuk memodifikasi objek yang telah kita buat, seperti halnya warna, bagian yang bergaris kuning merupakan node yang digunakan untuk membuat warna pada objek yang kita tandai sebelumnya.
                                                         Gambar 8
Ini merupakan hasil jadi dari rungan yang saya buat. Hasilnya ini menggunakan Render Result supaya warna yang sebelumnya kita tambahkan pada objek akan terlihat.


  IV.        Kesimpulan dan Saran
A.    Kesimpulan
Dari pembahasan diatas maka saya dapat menyimpulkan:
1.  Blender merupakan perangkat lunak untuk membuat objek 3D yang sangat lengkap fitur-fiturnya daripada perangkat lunak lainnya. Sehingga dalam membuat suatu ruangan kita tidak perlu bersusah payah dalam membuatnya.
2.   Archimesh merupakan tool bantuan dalam membuat ruangan pada blender, karena didalamnya sudah terdapat fitur bagian dari suatu bangunan.
3.   Dengan menggunakan blender sangat mudah jika ingin membuat objek 3D.

B.    Saran
Saran saya kepada siapapun yang akan membuat objek menggunakan blender sangatlah penting jika sebelum membuat objek itu sendiri, perlu adanya pemahaman tersendiri mengenai blender itu sendiri, seperti keunggulan, kekurangan hingga fitur-fitur didalamnya. Sehingga nantinya tidak berhenti ditengah jalan saat membuat objek yang diinginkan, dikarenakan apa yang dibutuhkan tidak tersedia.



Daftar Pustaka

3 komentar:

  1. berkunjung yuk ke blog saya

    seni adalah sesuatu yang dapat dituliskan,dapat di dengar dan dapat dibaca... sepertiitulah seni di mataku...

    bukti bahwa seni adalah sesuatu yang dapat dibaca ada di blog ini.... ayo baca...

    LEGENDA RASI BINTANG LAYANG LAYANG

    thankss

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text